Jumat, 29 Januari 2016

Sang Penyebar Semangat Inovasi, Penggagas.com!



Kreativitas dan inovasi merupakan hal mendasar yang dibutuhkan oleh seseorang (atau secara umum negara) untuk dapat hidup dan berkembang di kancah internasional saat ini. Kemajuan pesat di negara barat tak pelak lagi memaksa kita untuk menjadi sekedar teri kecil yang terus menerus menjadi konsumen, sedang mereka menjadi tokoh terhebat dalam kisah di dunia ini. Kemajuan besar pasti diraih melalui kemajuan-kemajuan kecil sebelumnya, yang di dunia barat ditunjukkan melalui semangat inovasi teknologi yang menggebu-gebu, dan bahu-membahu untuk berkarya menjadi lebih baik. 
Dan kita semua tahu, kita (negara kita) kalah besar dalam hal itu.
Negara Indonesia memiliki sumber daya dan kemampuan, tapi belum memiliki iklim yang menumbuhkan semangat inovasi. Pada dasarnya kita hebat, tapi kehebatan itu tenggelam, kalah tenar dengan serbuan inovasi dari negara lain. 

*** 

Paragraf pembuka di atas mungkin terlalu berlebihan, terlalu menggebu-gebu, tapi tidak masalah karena saya memang sedang bersemangat delam menulis ini. 
Inti dari paragraf di atas adalah bahwa kita (sebagai individu ataupun negara) pada dasarnya memiliki kemampuan hebat, tetapi belum memiliki lingkungan yang tepat untuk menumbuhkan inovasi. Padahal, inovasi itulah yang sedang sangat dibutuhkan saat ini. 
Pertanyaannya, bagaimana kita bisa mendapatkan lingkungan yang menumbuhkan semangat inovasi? 
Jawabannya adalah Penggagas!

“Penggagas.com adalah sebuah situs online yang berfungsi sebagai wadah bagi para pemikir, pengembang, dan inovator di Indonesia untuk diskusi, kolaborasi dan konsultasi mengenai project inovatif.” Keterangan pada bagian about us di webiste Penggagas.

Sebagaimana disampaikan dalam video perkenalannya, Penggagas berusaha untuk menciptakan iklim inovasi dan menumbuhkan semangat inovasi di Indonesia. Dan menurut hemat saya, apa yang dicita-citakan oleh penggagas akan benar-benar tercapai (Amin). 
Iklim inovasi yang dicanangkan Penggagas dibentuk melalui tulisan-tulisan up to date yang menunjukkan inovasi-inovasi teknologi keren dari seluruh dunia, tulisan yang berisi ajakan untuk berinovasi, analisis saintifik terhadap suatu ide, tips-tips inovasi, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan penyampaian saintifik yang mudah dipahami semua orang, tulisan-tulisan di Penggagas layak untuk dibaca sebagai referensi dan motivasi dalam berinovasi. 
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tulisan yang ada di Penggagas, silahkan langsung kunjungi websitenya di www.penggagas.com. Pertama-tama Anda akan disuguhi tampilan website minimalis yang keren, lalu Anda akan tertarik dengan setiap judul tulisan yang ada. Sebut saja Fontus: Botol yang Otomatis Memproduksi Air Minum dari Udara, Cermati Rahasia Coolest, Pendingin Prtable Yang Menggemparkan Kickstarter, dan masih banyak lagi lainnya. 
Penggagas.com didirikan oleh orang-orang yang telah terbukti ahli dalam di bidangnya masing-masing dan punya semangat tinggi dalam hal berinovasi. Mereka adalah Arfi'an Fuadi, Arif Sony Wibowo, Adit widya Pradipta, Fajar Budi Laksono, Willy Anugrah, Taufiq Syahrir, Hendrik Santosa, Cahyo Tri Satrio, Andri Ongko Wijoyo. Untuk mengetahui profil dan keahlian mereka masing-masing, siahkan lihat di sini. 
Intinya bahwa Penggagas benar-benar memiliki misi untuk menebar semangat inovasi ke seluruh pelosok Indonesia. 
Saya sendiri, walau sampai saat ini belum bisa berinovasi secara besar-besaran, merasakan manfaat besar dengan kehadiran Penggagas. Mulai paham bahwa dunia ini luas, masih ada banyak hal yang perlu dipelajari dan dieksplorasi, dan kita harus berinovasi. 



0 komentar:

Posting Komentar