Selasa, 26 Januari 2016

Alan Turing dan Sherlock Holmes



Ada semacam hal tak terpisahkan ketika saya menonton film biografi Alan Turing di The Imitation Game dan menonton serial Sherlock Holmes di Sherlock Holmes Series. Rasanya ada sesuatu yang menghubungkan kedua film tersebut.
Latar tempat di Inggris, ya, itu benar. Kedua film tersebut mengambil latar tempat di Inggris. Tapi bukan itu yang membuat kedua film ini terasa sangat berhubungan.
Karakter seorang cerdas, pemikir handal, yang sayangnya tidak punya banyak teman. Ya, sekali lagi itu benar. Walaupun ini sedikit menunjuukan hubungan, bukan itu hubungan sebenarnya. Bukan itu hubungan yang saya rasakan.
Apa mungkin di dunia nyata Alan Turing pernah bekerja sama dengan Sherlock Holmes?
Tentu saja tidak. Karena pada dasarnya Sherlock Holmes adalah sebuah tokoh detektif fiktif yang diciptakan Sir Arthur Conan Doyle, yang tidak ada di kehidupan nyata.
Namun demikian, saya tetap saja merasa ada hubungan erat antara Alan Turing dan Sherlock Holmes. Terutama di dalam film tersebut.
Cara bicara Alan Turing, persis sama seperti Sherlock Holmes. Setiap dengusan napas dan teriakan Sherlock Holmes, terasa kalau Alan Turing yang melakukannya. Apa ini?

***

Terlepas dari semua hubungan di atas, saya menyadari satu hal. Alan Turing adalah Sherlock Holmes, dan Sherlock Holmes adalah Alan Turing. Bukan karakternya, tapi memang benar demikian. Bahwa pemeran Alan Turing di The Imitation Game adalah pemeran Sherlock Holmes di Sherlock Holmes Series.
Itu hubungannya! 
Benedict Cumberbatch!


 


0 komentar:

Posting Komentar