Kamis, 10 September 2015

Musik Jawa Syahdu di Widya Puraya

Ketika saya hendak masuk ke dalam gedung Widya Puraya Undip, ada alunan musik jawa merdu yang menyambut saya.
Awalnya saya berpikir kalau suara musik itu dihidupkan secara elektronik, ada file mp3 musik yang tinggal di-play, gitu aja. Kemudian saya menyempatkan diri untuk mencari-cari sumber suara, dan akhirnya saya tertegun ketika menyadari bahwa musik itu bukanlah sekedar musik yang di-play secara elektronik.
Itu musik asli! Yang dimainkan langsung oleh angin!
Angin? Iya, angin.. Keren banget!
Ini sumber bunyinya.
Nama alatnya Genta Nada, untuk yang di gedung Widya Puraya Undip ini Genta Nadanya versi musik Jawa.
Siapapun yang pertama kali berinovasi membuat alat musik ini, ia pasti kreatif banget, punya feel musikalitas yang tinggi... Salut.

Ketika angin bertiup, alat ini akan memainkan nada-nada merdu.

***
Sebenarnya saya sudah merekam video ketika alat ini bermusik, dan saya hendak mengunggahnya. Tapi sayangnya, berhubung koneksi internet saya cukup lemah, butuh waktu yang sangat lama untuk meng-upload videonya, dan saya mengurungkan niat saya untuk meng-upload tersebut di blog ini.

Jadi, kalo kamu pengen mendengar alunan musik itu, silahkan mampir ke gedung Widya Puraya Undip.


0 komentar:

Posting Komentar