Sabtu, 05 September 2015

Keyboard Mati Setelah Laptop Sleep

Beberapa waktu lalu, saya mengalami hal yang aneh berhubungan dengan laptop saya. Yaitu, jika saya menutup layar leptop (dibuat sleep), kemudian saya membangunkannya, keyboardnya menjadi tidak berfungsi. 
Laptop saya restart dan keyboard dapat berfungsi lagi. 
Saya coba lagi, leptopnya saya sleep, dan ketika bangun keyboardnya tidak berfungsi lagi. Begitu seterusnya.
Jadi, di sini ada sebuah permasalahan bahwa keyboard saya akan mati (istilah kerennya freeze) setelah leptop bangun dari keadaan sleep.

Saya pikir kasus ini pasti berhubungan dengan OS yang saya pakai (Linux Mint Rafaela), karena selama saya masih menggunakan OS Windows kejadian seperti itu tidak pernah terjadi.

***

Karena saya pikir bahwa mode sleep sangatlah bermanfaat, dan saya tidak ingin kehilangan fungsi keyboard setelah leptop sleep, saya berusaha untuk menyelesaikan masalah ini.
Setelah berdiskusi di forum-forum, saya dapatkan penyelesaian masalah tersebut sebagai berikut:
  1. Buka File System Linux
  2. Buka Folder etc
  3. Buka Folder default
  4. Cari file text bernama grub, klik kanan, open as administrator
  5. Pada teks grub, cari teks: GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
  6. Kemudian ganti dengan: GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash atkbd.reset" 
  7. Simpan, kemudian tutup
  8. Buka terminal, lalu lakukan update grub dengan perintah: update-grub
  9. Tunggu sampai selesai
  10. Reboot
  11. Selesai
Alhamdulillah, cara tersebut bekerja baik untuk leptop saya. Dan saya tidak perlu khawatir keyboard laptop saya mati setelah saya membangunakannya dari keadaan sleep.


0 komentar:

Posting Komentar