Rabu, 09 September 2015

Boot Linux Mint dengan Logo Diponegoro Muda

Lagi iseng-iseng buat modifikasi Linux Mint saya. Salah satu yang saya lakukan kali ini adalah mengganti logo ketika leptop saya mulai boot.
Normalnya, ketika leptop dengan OS Linux Mint dihidupkan (boot), maka akan muncul logo Linux Mint, seperti ini:

Nah, saya pengen mengganti logo tersebut dengan gambar baru.
Gambar apa?
Saya kepikiran untuk menggantinya dengan gambar logo ODM (Orientasi Diponegoro Muda) 2015 yang telah sedikit saya modifikasi. Dan akhirnya boot pada leptop saya menjadi seperti ini:


Kalo kamu pengen menggantinya juga, ini tutorialnya buat kamu:
1. Pertama, pastikan kalo sistem operasi leptop kamu adalah Linux (dalam hal ini Linux Mint)
2. Download gambar ini:
3. Simpan dengan nama logo.png
4. Kalau sudah, login sebagai root. Buka terminal, ketikkan
sudo nautilus 
(lalu masukkan password kamu)
5. Masuk ke direktori Computer
6. Lalu ke direktori lib/plymouth/themes/mint-logo
7. Nah, di situ kamu akan menemukan gambar logo Linux Mint bernama logo.png. Hapus file tersebut, dan gantikan dengan Gambar Diponegoro Muda kamu yang bernama logo.png
8. Kalau sudah, buka terminal dan ketikkan:
sudo update-initramfs -u
(masukkan password kamu)
9. Tunggu sampai selesai
10. Sudah

Kalau sudah, rasakan sensasinya ketika leptop kamu boot dengan logo Diponegoro Muda..

0 komentar:

Posting Komentar